Sabtu, 19 November 2011


Laser Hijau Ganggu Pendaratan Pesawat

Sinar laser berwarna hijau diarahkan ke enam pesawat yang akan mendarat di Bandara LaGuardia pada akhir pekan lalu. Alhasil, administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat mendesak setiap warganya yang melihat untuk menghubungi polisi.

Laser itu dapat membutakan pilot atau mengalihkan perhatian pilot. Laser tersebut datang dari jarak lima mil dari barat daya bandara, sehingga pesawat yang melewati Queens atau Brooklyn sering menjadi korban.

Gangguan yang disebabkan oleh laser menjadi masalah serius, karena alat yang menghasilkan laser semakin murah dan lebih kuat. Banyak produsen sudah mengeluarkan laser hijau yang lebih kuat dan terlihat daripada laser dengan warna merah.

Angka kecelakan yang disebabkan oleh serangan laser naik dari 283 pada 2005 menjadi 2.836 di tahun 2010. Terhitung sejak Oktober 2011, telah ada 2.795 serangan. Pilot yang mengadakan penerbangan dari Atlanta melaporkan bahwa ada 96 kecelakaan di sana. Philadelphia masuk ke urutan kedua untuk laporan kecelakaan ini yang mencapai 95 laporan dan Chicago di urutan ketiga mendapatkan 83 laporan.

Pada Juni 2011, Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat mulai mendenda sebesar US$ 11.000 (sekitar Rp 98 juta) yang tertangkap dengan tindakan tersebut. Karena belum adanya hukum yang dapat menghakimi para pelaku, maka FAA menggunakan aturan adminstratif yang memperbolehkan mereka untuk menghukum pelaku yang menggangu penerbangan.

Sumber: Liputan6.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar