Sabtu, 19 November 2011

GOOGLE CHROME

GOOGLE CHROME

Tepat pada tanggal 2 september 2008 kemarin, google resmi merilis Google Chrome versi beta. Akankah browser ini akan memecahkan rekor browser firefox yang paling banyak didownload ? Kita tunggu saja versi alfanya.
Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, haruskah kita berpindah browser ke Google Chrome ? ada baiknya anda membaca kelebihan dan keunggulan dari google chrome.

Setelah penulis mencoba versi beta ini, yang pertama kali dilihat penulis adalah tampilan yang sederhana sekali seperti mesin pencari yang telah kita kenal selama ini.  Itu mungkin yang menjadi trade mark dari google yang selama ini mengedepankan hasil daripada tampilan yang dianggap sebagai lipstik.

Memang agak sedikit aneh dengan menu berbahasa Indonesia. Namun bila ingin mengganti bahasa, akan dijelaskan lebih lanjut dibawah. Mungkin dalam beberapa hari kedepan kita sudah terbiasa menggunakan google chrome dengan bahasa indonesianya. Lalu apakah bisa google chrome menyalip firefox yang dianggap sebagai browser nomor wahid di dunia, mari kita tanyakan sama mbah google, hehehe.

Salah satu fitur yang ditonjolkan dari Google Chrome ini adalah klaim yang mengatakan bahwa Google Chrome adalah browser yang lebih cepat daripada browser yang sudah ada saat ini. Selain itu manajemen penggunaan resource dan memori yang lebih baik pada Google Chrome membuat Google Chrome lebih percaya diri dapat menangani apabila terjadi crash. Dan dikatakan oleh Google bahwa Google Chrome telah baik menangani proses secara multi-thread. Sehingga setiap proses dan render halaman maupun objek dilakukan secara terpisah dan melalui multi proses dan tidak saling menunggu satu sama lain. Hal ini yang menjadikan Google berani mengklaim bahwa Google Chrome lebih cepat.

Selain itu Google menerapkan sebuah teknologi baru dalam JavaScript yaitu V8 yang lebih canggih dan memiliki garbage collection yang lebih baik. Sehingga manajemen objek pada JavaScript lebih baik termasuk momok menyeramkan penggunaan resource JavaScript tanpa garbage collection yang masih belum banyak didukung oleh browser-browser saat ini, biasanya memberatkan aplikasi apabila terlalu banyak objek yang digenerate.

Satu lagi fitur yang nampak langsung adalah thumbnail situs favorit, seperti yang dimiliki Start Page Opera. Firefox juga bisa melakukan ini, namun harus menginstall add-ons. Selain itu tentunya Google-Chrome kedepannya akan lebih support untuk aplikasi-aplikasi web Google seperti Gmail, Google Calendar, sampai Picasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar