Selasa, 22 November 2011

e-book

E-book


E-book adalah singkatan dari Electronic Book atau buku elektronik. E-book tidak lain adalah sebuah bentuk buku yang dapat dibuka secara elektronis melalui komputer. E-book ini berupa file dengan format bermacam-macam, ada yang berupa pdf (portable document format) yang dapat dibuka dengan program Acrobat Reader atau sejenisnya. Ada juga yang dengan bentuk format htm, yang dapat dibuka dengan browsing atau internet eksplorer secara offline. Ada juga yang berbentuk format exe.

Pada kebanyakan e-book menggunakan bentuk format pdf. Karena lebih mudah dalam mempergunakannya dan mudah dalam mengolah security. Untuk membuka ini dalam komputer Anda harus ada program Acrobat Readernya, bila belum ada, Anda dapat mendownloadnya atau mencari program di rental CD PC Program, akan sangat mudah di dapat.Cara membuka e-book ini sangat mudah. Anda dapat mendownload program tersebut (Acrobat Reader 5.0 dan WinZip 8.0) di berbagai situs.
Anda dapat menjalankan program Acrobat Reader melalui program files dalam komputer Anda, kemudian open dan cari dengan browser letak file e-book Anda, di folder mana Anda simpan.
Carilah file yang ada gambarnya seperti contoh di atas atau yang berekstensi pdf. Kemudian klik tombol open.
Cara lain Anda bisa menggunakan browser lainnya terlebih dahulu, misalnya Window Eksplorer. Cari file yang seperti di atas kemudian klik dua kali. Maka E-Book yang Anda klik akan segera terbuka.
 
Cara Membuka KBA E-Book.
Download-lah file KBA E-Book dari kami, simpanlah file tersebut dalam folder tertentu yang mudah Anda ingat. File tersebut masih dalam format Zip secara terkompres. Sebelum Anda membuka dengan program Acrobat Reader. Anda harus mengekstrak dulu file kba_e_book tersebut (juga untuk buku yang lainnya). Cara mengekstrak atau mengurai tersebut dengan menggunakan program WinZip atau sejenisnya.
Cara mengekstrak file Zip dengan program WinZip 8.0.:
  1. Bukalah program WinZip dalam program  files pada komputer Anda. 
  2. Pada kontak persetujuan klik tombol I  Agree, setelah itu bila muncul box  expired tekan OK. 
  3. Kemudian muncul box Welcome, tekan  next> 
  4. Kemudian muncul box What do you want to do? Pilih  pilihan  UnZip or install an  existing Zip archive, lalu tekan next> 
  5. Kemudian muncul box Click on the Zip file  you want to  use,  tekan tombol Search >  muncul box isian pilihlah  isian Let me find it (not automatic). Lalu muncul kotak  browsing, maka  carilah file Zip yang akan  Anda ekstrak  tersebut sesuai dengan  folder mana yang Anda gunakan  untuk  menyimpannya tadi. 
  6. Setelah Anda memilih file-nya tekan OK,  lalu pada box  berikutnya tekan next. 
  7. Lalu akan muncul box Persetejuan tempat  mana yang akan Anda gunakan untuk  menyimpan file hasilnya. Bila  Anda akan  menyimpan pada Favorite Zip Folder maka   tekan Yes, bila Anda  akan  menyimpan filenya pada Folder pilihan Anda tekan ' No",  lalu pilih folder mana  yang akan Anda gunakan untuk  menyimpannya. 
  8. Pada box berikutnya pilih tombol Unzip  Now, tunggu  sebentar  setelah selesai  pilih "close".
Maka file Zip Anda sudah terurai dan Anda sudah dapat menggunakannya.

Cara Membuat E-Book.
Berikut ini ada 10 tips untuk membuat sebuah ebook dengan cepat tanpa perlu anda menulis. 
  1. Mintalah informasi yang spesifik dari orang - orang melalui email, dan satukan menjadi 1 buku. Misalnya “Bagaimana anda biasanya membagi waktu antara pekerjaan dan keluarga ?”. Kemudian anda bisa menyatukannya dan menulis 101 tips mengatur waktu antara keluarga dan pekerjaan. 
  2. Kirimkan Kuisioner dan wawancara singkat kepada orang - orang. Dan anda bisa mempublish sebuah buku hasil riset anda. 
  3. Merekam wawancara panjang dengan topik khusus. Misalnya anda mewawancarai seorang politikus mengenai pandangannya tentang PEMILU 2009. Anda bisa menulis sebuah ebook lengkap mengenai hal itu kemudian. 
  4. Adakan seminar khusus. Akhiri dengan sebuah forum diskusi dan buatlah ebook anda dengan hasil diskusi tersebut. 
  5. Carilah rekan penulis untuk bekerja sama dan mempublish hasil karyanya. 
  6. Kumpulkan artikel - artikel dari berbagai sumber dengan izin pemakaian. Dan satukan menjadi buku. 
  7. Merangkum dari sebuah Video / Audio yang anda beli. 
  8. Mengumpulkan info khusus yang dapat dikoleksi. 
  9. Menyusun buku Profil seseorang, anda cukup meminta CV dan riwayat hidup dari seseorang dan anda publish secara online. 
  10. Dan salah satu ide menulis paling mudah adalah menyusun sesuatu yang telah ada, misalnya 1000 kata - kata mutiara, 1001 ide inspiratif, 365 kata - kata bijak setiap hari dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar