Selasa, 06 Desember 2011

BANJIR (PART 1)


All About MANBA

Selain terkenal dengan fasilitasnya manba juga terkenal dengan banjirnya , jika terjadi hujan daras seebentar saja pasti dech MANBA langsung banjir. Sebenarnya apa sich penyebab banjir yang terjadi di manba??? Apakah letak MANBA yang berada di antara sawah atau didaerah tambak???. Apkah disebabkan oleh kurangnya aliran air yang memadai atau selokannya sudah besar tapi terlalu banyak sampah di selokan itu yang membuat air hujan yang turun tidak mengalir??, trus apa yang harus kita lakukan agar MANBA tidak kebanjiran lagi???

Sebenarnya para petinggi MANBA sudah mendiskusikan masalah ini, bahkan salah satu upaya MANBA agar tidak kabanjiran lagi adalah membuat jalan-jalan keluarnya air dari halaman sekolah MANBA agar tidak terjadi banjir lagi, bahkan MANBA sudah merenovasi sebagian gedung-dedung (kelas-kelas), tujuan renovasi tersebut adalah untuk mempertinggi lantainya. Maksudnya mempertinggi lantai yang ada di lantai satu agar air tidak dapat naik ke dalam kelas.

Sebenarnya dengan adanya banjir seperti tahun kemaren, maka MANBA tidak dapat melakukan proses belajar-mengajar dengan normal seperti biasanya. Mungkin sebagian siswa merasa sangat senang dan merasa di untungkan dengan adanya banjir tersebut. Kenapa?? Karena mereka tidak usah repot-repot untuk melakukan proses belajar mengajar. Apalagi pada saat itu ada beberapa pelajaran yang tidak mereka sukai, atau pelajaran yang mereka anggap sulit,, wach pasti dech mereka sangat bersuka cita.

Tapi menurut saya dengan adanya banjir tersebut sebenarnya kita bukan untung, melainkan rugi,kenapa begitu???? Karena kita sudah pergi ke sekolah dengan niat mencari ilmu, tapi setelah kita sampai disana apa yang kita dapatkan?? Kita tidak mendapatkan apa-apa dalam artian sia-sia. Kalau sudah begitu berarti kita sudah ruugi dua kali donkk… sudah gak dapat ilmu, kita malah rugi waktu dan uang transportasi (ongkos) buat kita-kita yang rumahnya jauh dari MANBA bangkalan.

Menurut saya meskipun sekolah mau merenovasi semua kelas dan membuat aliran yang lebih besar lagi akan percuma jika masyarakat MANBA tidak menjaga kebersihan sekolah. Misalnya sebesar apapun sekolahnya jika sampah di dalamnya masih menumpuk tetap saja MANBA banjir, iia khan… so buat temand-temand jangan pernah seneng ya kalau misalkan MANBA kebanjiran lagi, masak kita terkena musibah kesenengan. Oceyy… dan janga lupa jaga kebersihan MANBA ea jangan membuang sampah sembarangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar