Sabtu, 17 Desember 2011

BAKSO

Bakso,, it’s my favorite food. Hm,,,, siapa sich yang gak tau bakso, semua orang pasti suka sama makanan yang satu ini. dan bagi yang tidak suka bakso berarti menurut saya hanya orang-orang yang tidak pernah memakannya. Secara bakso khan makanan yang paling delicious…. Udah gitu
harganya terjangkau, gak kaya makanan-makanan luar yang harganya sangat amat mahal, kaya steak,, padahal itu khan Cuma daging yang dikasi bumbu doank.
Bakso atau baso adalah jenis bola daging yang paling lazim dalam masakan Indonesia, bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi giling dan tepung tapioca,akan tetapi ada juga yang bakso yang terbuat dari tepung yang di dalamnya berisi telur puyuh atau telur ayam, dan bakso yangterbuat dari daging ayam,ikan atau udang. Dalam penyajiannya, bakso umumnya di sajikan panas-panas dengan kuah kaldu sapi bening, dicampur mi, bihun, taoge, tahu,ditaburi bawang goring, kubis, dan seledri.
Bakso memiliki akar dari seni kuliner tionghoa Indonesia, hal ini di tunjukkan dari istilah bakso yang berasal dari kata bak-so dalam bahasa hokkien yang secara harfiah berarti ‘daging babi giling’. Karena kebanyakan penduduk Indonesia adalah muslim, maka bakso lebih umum terbuat dari daging halal, seperti daging sapi, ikan, ayam,dan lainnya. Seiring berkembangnya waktu , istilah bakso lebih dikenal dengan istilah ‘daging giling’. Jadi jangan khawatir pasti halal kok…
Macam-macam bakso kesukaanku
  •  Bakso urat : kalau menurut saya bakso ini adalah bakso yang paling enak yang diisi irisan urat atau lebih dikenal tendon dalam bahasa biologi, selain berisi urat biasanya bakso ini berisi daging tetelan kasar.
  • Bakso bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu hangat dan bumbu kacang.
  • Bakso sosis : sebenarnya sich bakso yang satu ini sama dengan bakso yang lainnya, bentuknya juga bulat, bedanya hanya terletak pada baksonya yang mempunyai rasa seperti sosis. Bakso kotak : bakso kotak adalah bakso yang berbentuk kotak.
Cara makan bakso ala liwa:
1. Makan bakso tanpa campuran saos dan kecap, hanya menggunakan cabai, dan garam yang banyak, tapi kalau bagi orang yang tidak suka pedas jangan lupa menyediakan air disampingnya ya….
2. Makan bakso hanya menggunakan merica saja, 3. Makan bakso menggunakan saosdan kecap yang banyak, tapi pleend cara makanku yang ke 3 itu jangan ditiru ya,,, kenapa, soalnya saos dan kecap mengandung banyak bahan kimia yang tidak baik bagi tubuh kita, yang kemudian menjadi penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar