Sabtu, 17 Desember 2011

Bahasa Jerman di MANBA.


Di MANBA banyak diajarkan bahasa asing kepada seluruh murid MANBA mulai dari kelas satu sampai kelas tiga, diantaranya adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Selain itu di MANBA juga diajarkan bahasa asing lainnya yaitu Bahasa Jerman, tapi Bahasa Jerman tidak di ajarkan kepada seluruh murid MANBA lho, melainkan khusus diajarkan kepada kelas bahasa saja. sebagai suatu bahasa yang banyak digunakan di sebagian Negara  di eropa, Bahasa Jerman ini memiliki keunikan-keunikan tersendiri lho plenddzz.
Menurut ibu Dian, satu-satunya guru di MANBA yang mengajar bahasa jerman keunikan-keunikan bahasa jerman adalah:
A.    Der artikel
Dalam Bahasa Inggris  der artikel ini disebut juga sebagai articles yaitu kata sandang yang selalu menyertai kata benda. Jika dalam Bahasa Inggris articles ini terdiri dari a, an, dan the dalam bahasa jerman der Artikel terdiri dari der-ein, die-eine dan das-ein.
Artikel der-ein akan menyertai kata benda dengan genus Maskulin, artikel , die-eine akan menyertai kata benda feminim dan kata benda jamak, artikel das-ein akan menyartai kata benda neutral. Artikel der, die, das disebut dengan bestimmte artikel (the ; bahasa inggis ) dan artikel ein, eine dan ein disebut dengan unbestimmte artikel ( a/an ; bahasa inggris )
B.     Das Nomen
Das Nomen adalah kata benda.  Seperti telah disebut di atas bahwa semua kata benda dalam bahasa jerman disertai dengan artikel. Keunikan penulisan kata benda dalam bahasa  ini adalah semua kata  banda ini diawali dengan huruf besar walaupun kata tersebut ada di tengah kalimat.  Contohnya, Der Bleistift kostet RP 3,000
C.    Bentuk Formell dan Informell
Dalam Bahasa Jerman dikenal juga adanya bentuk Formell dan Informell . Bentuk Formell dipakai dalam situasi resmi dan ungkapan hormat seseorang terhadap orang yang baru dikenal. Sedangkan bentuk Informell adalah bentuk ungkapan akrab yang biasanya digunakan antar teman. Dalam bahasa jerman juga di kenal penyebutan Sie (anda), du (kamu), ihr (kalian) terhadap orang kedua.
D.    Pelafalan Bahasa Jerman
Pelafalan bahasa jerman sama dengan bahasa Indonesia. Artinya antara tulisan dan bacaan sama. Hal ini merupakan suatu kemudahan tersendiri dalam mempelajari bahasa ini. Hanya  ada beberapa huruf unik yang menjadi cirri khasnya seperti:
  1. 1.  ?/?        (dibaca e) 
  2.   ?/         ( pelafalan u agak panjang) 
  3.  ?/?        (pelafalan o agak  panjang) 
  4.  ?          (dibaca sz) 
  5. Sch,sp.st          (dilafalkan sama dengan huruf shot)   
  6. Ch       (dilafalkan sama dengan huruf khok)
Nachhh gimana teman- tman kaliand tertarik gak buat belajar bahasa yang satu ini??? Yaaaa meskipun kita tidak akan pernah ke jerman, tapi setidaknya kita mengetahui bahasanya,,,, oceeyyy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar